Welcome to My Blog Lutfi Ardiansyah

Rabu, 22 Oktober 2014

Ciri-Ciri dan Unsur dalam sebuah Organisasi



Lutfi Ardiansyah(15113077)
2KA15
Fakultas Ilmu Komputer dan Tekonologi Informasi
Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
Ciri-Ciri dan Unsur dalam sebuah Organisasi


Organisasi,Apa itu Organisasi? banyak ansumsi masing masing orang tentang pengertian organisasi itu sendiri.
          Kalau menurut saya,organisasi adalah tempat dimana sekumpulan orang saling bertukar pikiran untuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut dimana ada seorang pemimpin yang memimpin organisasi tersebut untuk menyatukan sekumpulan aspirasi dari anggota organisasi tersebut
          Pengertian Organisasi itu sendiri menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) terdapat 2 pengertian:

1. Kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dan sebbagainya untuk tujuan tertentu.
2. Kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi merupakan suatu yang penting,dimana saja kita berada secara tidak sadar pasti ada sebuah organisasi yang berdiri yang memiliki tujuan dalam berbagai hal dan organisasi tersebut pasti memilik ciri-ciri dan unsur tersendiri sehingga dapat dibilang  sebuah organisasi,Apa saja ciri-ciri dan unsur dari organisasi?.
Ciri-ciri Organisasi:
1.    Tujuan Organisasi
Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, dimana sekelompok orang
Ingin mendirikan sebuah organisasi karena memiliki tujuan yang sama oleh karena itu mereka  mendirikan sebuah organisasi.
2.    Pergantian pengurus Organisasi.
Organisasi pasti ada yang namanya pengurus organisasi,dimana pengurus tersebut bertindak sebagai pembantu pelaksana dalam kegiatan organisasi,karena tidak mungkin hanya seorang ketua saja yang mengurus sebuah organisasi tapi diperlukan pengurus untuk membantu menjalankan organisasi tersebut. Dan pengurus tersebut harus dipilih melalui seleksi dan seorang pengurus tidak dapat dipilih secara asal,karena pengurus harus memiliki tanggung jawab. Pengurus organisasi tersebut tidak akan terus menerus menjabat sebagai pengurus,pasti ada yang namanya pergantian kepengurusan dalam sebuah organisasi.

3.    Nama Organisasi.
Organisasi pasti memilik nama organisasi,dimana masyarakat hanya melihat dari namanya saja bias mengetahui bahwa itu sebuah organisasi.

Sedangkan Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
  2. Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  3. Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
Sedangkan unsur dari sebuah organisasi yaitu:
1.    Manusia (Anggota Organisasi)
Manusia(Anggota) sebuah organisasi merupakan unsur yang sangat penging,karena sebuah organisasi jika tidak memiliki anggota organisasi,pelaksanaan dalam mencapai sebua tujuan organisasi tidak dapat tercapai.

2.    Pekerjaan(Tugas) dalam organisasi
Pekerjaan ini terdiri dari tugas-tugas formal dan tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan sebuah produk(hasil) dan memberikan pelyanan organisasi.
3.    Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu tidakan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusia(man power) organisasi.

Refrensi:
www.KamusBahasaIndonesia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar