Lutfi Ardiansyah(15113077)
2KA15
Fakultas Ilmu Komputer dan Tekonologi Informasi
Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
Ciri-Ciri dan Unsur dalam sebuah
Organisasi
Organisasi,Apa itu
Organisasi? banyak ansumsi masing masing orang tentang pengertian organisasi
itu sendiri.
Kalau
menurut saya,organisasi adalah tempat dimana sekumpulan orang saling bertukar
pikiran untuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut dimana ada seorang
pemimpin yang memimpin organisasi tersebut untuk menyatukan sekumpulan aspirasi
dari anggota organisasi tersebut
Pengertian
Organisasi itu sendiri menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) terdapat 2
pengertian:
1. Kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian
(orang dsb) dalam perkumpulan dan sebbagainya untuk tujuan tertentu.
2. Kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan
untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi merupakan suatu yang penting,dimana saja kita
berada secara tidak sadar pasti ada sebuah organisasi yang berdiri yang
memiliki tujuan dalam berbagai hal dan organisasi tersebut pasti memilik
ciri-ciri dan unsur tersendiri sehingga dapat dibilang sebuah organisasi,Apa saja ciri-ciri dan unsur
dari organisasi?.
Ciri-ciri Organisasi:
1. Tujuan
Organisasi
Setiap
organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, dimana sekelompok orang
Ingin
mendirikan sebuah organisasi karena memiliki tujuan yang sama oleh karena itu
mereka mendirikan sebuah organisasi.
2. Pergantian
pengurus Organisasi.
Organisasi
pasti ada yang namanya pengurus organisasi,dimana pengurus tersebut bertindak
sebagai pembantu pelaksana dalam kegiatan organisasi,karena tidak mungkin hanya
seorang ketua saja yang mengurus sebuah organisasi tapi diperlukan pengurus
untuk membantu menjalankan organisasi tersebut. Dan pengurus tersebut harus
dipilih melalui seleksi dan seorang pengurus tidak dapat dipilih secara
asal,karena pengurus harus memiliki tanggung jawab. Pengurus organisasi
tersebut tidak akan terus menerus menjabat sebagai pengurus,pasti ada yang
namanya pergantian kepengurusan dalam sebuah organisasi.
3. Nama
Organisasi.
Organisasi
pasti memilik nama organisasi,dimana masyarakat hanya melihat dari namanya saja
bias mengetahui bahwa itu sebuah organisasi.
Sedangkan
Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri
sebagai berikut :
- Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
- Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
- Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
Sedangkan
unsur dari sebuah organisasi yaitu:
1.
Manusia (Anggota Organisasi)
Manusia(Anggota) sebuah organisasi merupakan unsur yang
sangat penging,karena sebuah organisasi jika tidak memiliki anggota
organisasi,pelaksanaan dalam mencapai sebua tujuan organisasi tidak dapat
tercapai.
2.
Pekerjaan(Tugas) dalam organisasi
Pekerjaan ini terdiri dari tugas-tugas formal dan
tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan sebuah produk(hasil) dan
memberikan pelyanan organisasi.
3.
Kerjasama
Kerjasama merupakan
suatu tidakan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara
bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota yang
menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan
pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusia(man power)
organisasi.
Refrensi:
www.KamusBahasaIndonesia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar